Pelalangan Jadi Kandidat Pencanangan Kampung KB Desa Jetis Bondowoso

Pelalangan Jadi Kandidat Pencanangan Kampung KB Desa Jetis Bondowoso
Pelalangan Jadi Kandidat Pencanangan Kampung KB Desa Jetis Bondowoso

Kamis, (13/07) kader Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Curahdami melakukan sosialisasi perihal Kampung KB. Dusun Pelalangan menjadi salah satu kandidat pencanangan kampung KB desa Jetis. Pencanangan kampung KB ini membantu meningkatkan peran pemerintah pusat dan  daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat dalam menyelenggarakan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Adapun tujuan umum dari kampung KB adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Enam RT di dusun pelalangan menjadi sasaran dibentuknya kampung KB karena tingginya tingkat pernikahan dan kelahiran di usia muda. Kampung KB tidak hanya berkutat pada permasalahan alat kontrasepsi untuk menekan angka kelahiran melainkan menjalankan empat pilar program kependudukan. Empat pilar tersebut diantaranya pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, ketahanan keluarga dan pembangunan ekonomi keluarga. Terdapat kader-kader terpilih yang akan membantu pendampingan dari program kampung KB.

Rencana pencanangan kampung KB di dusun Pelalangan, Jetis ini menjadi titik terang untuk mengatasi tingginya tingkat kelahiran dan pernikahan usia dini di daerah tersebut. Jika kedepannya rencana pencanangan ini benar-benar terealisasi maka impian mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera di desa Jetis umumnya dan dusun Pelalangan khususnya akan lebih besar harapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*