Pos Baru Untuk Posyandu Lansia Dibuka, Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lebih Merata

Pos Baru Untuk Posyandu Lansia Dibuka, Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lebih Merata
Pos Baru Untuk Posyandu Lansia Dibuka, Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lebih Merata

Jetis, Rabu (19/07) secara resmi pos baru kegiatan Posyandu (Pos Pelayan Terpadu) untuk lansia dibuka di RT 02 dusun Kramat 1. Pembukaan pos baru ini menambah jumlah pos dari posyandu lansia di desa Jetis menjadi empat pos. Pos yang baru dibuka ini dikhususkan untuk warga lansia yang berdomisili di RT 1, 2 dan 3.

Acara pembukaan pos baru dari posyandu lansia ini mendapat respon positif dari warga. Sebanyak 24 warga lansia datang dan mengikuti agenda posyandu. Adapun agendanya meliputi penimbangan berat badan, pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obat oleh petugas kesehatan Puskesmas pembantu di desa Jetis. Diluar agenda pokok dari posyandu, mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Jember mengadakan senam lansia untuk warga yang hadir.

Posyandu Lansia merupakan salah satu kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat dan keluarga berencana (KB). Posyandu lansia ini secara rutin dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan sekali di tiap pos. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat dengan dukungann teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian norma keluarga kecil bahagia sejahtera (NKKBS). Berdasarkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2006) penyelenggaraan posyandu lansia bertujuan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia, mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat swasta dalam pelayanan kesehatan.

Kendati hanya empat pos, pembukaan pos baru untuk Posyandu lansia ini dinilai sebagai langkah tepat upaya pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat lansia. Jumlah pos yang masih tergolong minim untuk desa Jetis dengan jumlah RT sebanyak 23 dirasa masih jauh dari kata ideal. Hal tersebut ditengarai oleh kurangnnya sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk melaksanakan kegiatan posyandu lansia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*