Harap Tunggu ....

Change Color

 

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Posyandu berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dari petugas kepada masyarakat dan antar sesama masyarakat serta mendekatkan pelayanan kesehatan dasar. Posyandu biasa tersedia untuk para Lansia dan Balita.

        Posyandu Lansia dan Balita ini telah dilaksanakan rutin di Desa Jetis, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso. Posyandu Lansia dilaksanakan rutin setiap bulan, demikian juga dengan posyandu balita yang dilaksanakan rutin setiap awal bulan. Pada Jumat, 22 Juli 2022, pelaksanaan posyandu lansia bertempat di rumah salah satu perangkat desa, dengan dibantu oleh beberapa kader posyandu dan mahasiswa KKN. Adapun pelaksanaan posyandu ini dilakukan mulai pukul 09.00 WIB-selesai. Kegiatan yang dilakukan pada posyandu ini diantaranya penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar pinggang, pengecekan tekanan darah, serta pengecekan kadar gula darah.

DSC02519.JPG

Posyandu Balita juga dilaksanakan secara rutin di Desa Jetis. Adapun pelaksanaan posyandu ini dilakukan di setiap awal bulan. Pada 2 Juli Agustus 2022, posyandu dilaksanakan di salah satu rumah warga dengan dibantu petugas puskesmas dan mahasiswa KKN. Kegiatan yang dilakukan pada posyandu ini, diantaranya, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian vitamin A.

Adanya posyandu ini membuat kami peserta KKN UMD 259, ingin memberikan warna baru pada kegiatan yang dilakukan Posyandu Lansia dan Balita di Desa Jetis ini. Sehingga kami tidak hanya sekedar membantu penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah dan lainnya, namun pada kesempatan ini, kami dapat berbagi sedikit ilmu, baik pada Posyandu Lansia maupun pada Posyandu Balita. Berbagi ilmu tersebut, kami wujudkan dengan adanya penyuluhan atau pemberian materi sederhana terkait penyakit kencing manis/diabetes militus kepada para lansia dan pentingnya vitamin A kepada orang tua balita.

DSC03355.JPG

Dengan adanya kegiatan posyandu ini, diharapkan masyarakat Desa Jetis lebih mudah mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi balita dan lansia, memperoleh beberapa penyuluhan kesehatan dan merupakan tempat saling berbagi informasi dan tukar pikiran sesama warga tentang kesehatan yang mereka alami. Sehingga, ada baiknya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengikuti kegiatan Posyandu lebih ditingkatkan kembali.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 085230477134