Harap Tunggu ....

Change Color

UMKM desa memiliki peran yang cukup penting dan strategis terhadap pembangunan ekonomi nasional. UMKM desa juga diprediksi memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Manfaat yang diberikan dari hadirnya UMKM desa yaitu dapat menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan di Indonesia sendiri UMKM desa menjadi salah satu penyumbang PDB terbesar. Selain itu, adanya UMKM desa dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil dan menengah. UMKM desa juga dapat menekan angka pengangguran dengan terbukanya lapangan kerja yang baru.

IMG20220725024402.jpg

Desa Jetis yang merupakan desa terbesar di Kecamatan Curahdami Bondowoso juga memiliki UMKM nya sendiri. Salah satu UMKM yang terdapat di desa Jetis adalah UMKM Roti Goreng Karya Mandiri. UMKM ini merupakan usaha milik keluarga yang sudah dijalankan secara turun temurun sejak tahun 2010. Berawal dari latar belakang keluarga yang berprofesi sebagai petani, kemudian beralih menjadi wirausahawan dengan niat mengubah nasib keluarga. Usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil, UMKM roti goreng ini telah memiliki pasar yang dikenal luas. Mulai dari kawasan Bondowoso hingga mencapai Situbondo dan sekitarnya. UMKM ini telah memiliki konsumen setianya.

Produksi yang dihasilkan dapat mencapai 5000 buah tiap harinya. Dengan harga jual 500 rupiah per buahnya, maka UMKM ini dapat menghasilkan keuntungan tiap harinya mencapai dua setengah juta rupiah. UMKM ini memulai produksinya dari jam satu dini hari dan siap dipasarkan ke konsumen pada subuh harinya dalam keadaan garing dan hangat.

IMG_20220725_014230.jpg

UMKM ini juga sempat melakukan inovasi terhadap rasanya. Mereka menyediakan varian berbagai macam rasa seperti cokelat, vanilla, dan rasa lainnya. Tetapi, hal tersebut kurang disambut dengan baik oleh pasar. Pendapatan mereka justru menurun. Masyarakat ternyata lebih menyukai rasa original dari roti goreng itu sendiri. Pihak UMKM ini pun akhirnya menghentikan inovasi raas terhadap produk mereka dan tetap mempertahankan rasa original mereka sampai sekarang.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 085230477134